Kabupaten Buol Bersiap Gelar Pesona Budaya dan Festival HUT 2024

TNews, BUOL– Kabupaten Buol tengah mempersiapkan acara akbar Pesona Budaya dan Festival dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buol ke-2024, yang akan berlangsung dari 28 September hingga 12 Oktober 2024. Perhelatan ini diharapkan menjadi daya tarik wisatawan sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya lokal ke tingkat nasional.

Rapat persiapan dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Moh. Kasim, di ruang rapat Sekretaris Daerah pada Kamis, 26 September 2024. Persiapan acara terus dimatangkan, dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sejumlah pihak terkait.

Kepala Bidang Pariwisata, Zaenal, mengungkapkan optimisme terhadap festival tahun ini. Ia menyebutkan bahwa acara ini berpotensi besar untuk masuk dalam Karisma Event Nusantara 2025. “Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan berharap Menteri Pariwisata dapat hadir secara virtual,” ujar Zaenal.

Selain menampilkan kekayaan budaya, festival ini juga akan mengedepankan dekorasi bambu sebagai bentuk kearifan lokal. Fasilitas pendukung seperti ruang laktasi, keamanan, ambulans, mobil pemadam kebakaran, serta tong sampah juga telah disiapkan untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan selama acara berlangsung. Tak hanya itu, akan ada tenda kuliner dari UMKM yang siap mempromosikan produk-produk lokal, demi meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Drs. Moh. Kasim menekankan pentingnya sinergi antara Pesona Budaya dan Festival Budaya agar mendukung pelestarian budaya serta penguatan identitas daerah. “Dengan berbagai rangkaian acara menarik, kita berharap festival ini dapat memperkuat budaya lokal serta meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Buol,” tuturnya.

Rapat ini juga dihadiri oleh Kadis Perhubungan Moh. Yamin Rahim, S.H., M.H., Asisten Administrasi dan Umum Lani Irawati Saleh, SE.Ak., M.Si, Kepala Badan Kesbang Pol Drs. Mansyur AR Hentu, Kadis DLH Sunarjo S. Raukang, SH, serta beberapa perwakilan dari instansi terkait, seperti Satpol PP, Bapenda, Lurah Kali, dan Humas Kominfo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *