Mengukir Masa Depan di Tanah Paleleh, Buol Menata Langkah Menuju Indonesia Emas

Konsultasi Publik Perwujudan Transmigrasi Paleleh Menuju Indonesia Emas 2045 di lapangan Desa Kwalabesar, Sabtu (19/10/2024).(Foto:Istm)

TNews,BUOL – Mimpi Paleleh menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Buol semakin dekat dengan kenyataan. Sabtu (19/10/2024), Pemerintah Daerah Buol melalui Dinas Kawasan dan Perumahan menggelar Konsultasi Publik Perwujudan Transmigrasi Paleleh Menuju Indonesia Emas 2045 di lapangan Desa Kwalabesar.

Acara yang dihadiri oleh Direktur Perencanaan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, Laode Mujahirin, ini merupakan tindak lanjut dari ditetapkannya Kawasan Transmigrasi Paleleh berdasarkan Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 496 Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

“Ini bukan sekadar proyek transmigrasi biasa, Kawasan seluas 20.419 hektar ini akan menjadi laboratorium pembangunan ekonomi yang mencakup tiga kecamatan yakni Paleleh, Paleleh Barat, dan Gadung, ” ujar Kepala Dinas Kawasan dan Perumahan Kabupaten Buol  Darsad, ST.

Darsad menjelaskan bahwa kawasan ini dirancang dengan tiga sub-kawasan yang memiliki karakteristik unik namun saling melengkapi.

“Bayangkan sebuah ekosistem ekonomi yang lengkap, dari hulu ke hilir, semua ada di sini,” tambahnya.

Penjabat (Pj) Bupati Buol, Drs. Moh. Muchlis, MM, tidak kalah bersemangat.

“Transmigrasi bukan lagi tentang memindahkan orang, tapi menciptakan pusat-pusat pertumbuhan baru,   kami berharap Paleleh bisa menjadi ‘Silicon Valley’-nya Buol, pusat inovasi dan kreativitas yang mendorong pertumbuhan ekonomi seluruh kabupaten,”ungkapnya

Laode Mujahirin dari Kemendes PDTT mengungkapkan bahwa proyek ini adalah hasil dari perencanaan matang selama hampir dua dekade.

“18 tahun persiapan, dan dua tahun terakhir eksekusi intensif, kami memastikan setiap jengkal tanah yang digunakan telah melalui kajian mendalam, jauh dari area konservasi atau hutan lindung,”jelasnya

Din

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *