BREAKING NEWS !! Lahan Hutan di Uebone Terbakar, Aktivitas Ilegal Diduga Menjadi Pemicu Kerusakan Lingkungan

Gambar: BREAKING NEWS !! Lahan Hutan di Uebone Terbakar, Aktivitas Ilegal Diduga Menjadi Pemicu Kerusakan Lingkungan, (11/9/2024).

TNews SULTENG – Pembakaran lahan di kawasan perbukitan Gunung Uebone, Kecematan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-Una semakin meluas dan membesar, Rabu (11/9/2024).

Kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh aktivitas pembukaan lahan secara ilegal yang marak dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pantauan media di lokasi menunjukkan bahwa kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 14:00 WITA dan kini terus meluas seiring dengan kondisi angin barat yang memperburuk situasi.

Lokasi kebakaran diduga bukan berada di kawasan perkebunan masyarakat, melainkan di kawasan hutan yang penuh dengan pepohonan yang kini terbakar.

Seorang warga yang diwawancarai mengungkapkan kekhawatirannya, “Kenapa harus dibakar pohon-pohon ini? Padahal, pohon-pohon itu berfungsi sebagai penahan longsor di kemiringan 75 derajat,” ucap sumber yang tak ingin disebutkan namanya.

Hingga saat ini, belum ada pihak terkait yang tampak turun langsung ke lapangan untuk menangani kebakaran tersebut.

Situasi ini menggarisbawahi perlunya penegakan hukum yang lebih tegas terhadap praktik pembukaan lahan ilegal dan meningkatkan kesadaran mengenai dampak lingkungan dari aktivitas tersebut.

Kebakaran ini tidak hanya mengancam ekosistem hutan yang vital tetapi juga berdampak negatif pada kualitas udara dan kesehatan masyarakat di sekitarnya.

Sehingga perlunya Penanganan yang cepat dan tindakan preventif yang efektif sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan melindungi lingkungan serta kesehatan publik.*

Peliput: Jefry

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *