Pemkab Tojo Una-Una Raih Penghargaan Bergengsi dalam Anugerah Merdeka Belajar 2024

Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah Merdeka Belajar 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Jakarta Convention Center (JCC) Plenary Hall, DKI Jakarta, pada Jumat (5/7/2024).

TNews, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah Merdeka Belajar 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Jakarta Convention Center (JCC) Plenary Hall, DKI Jakarta, pada Jumat (5/7/2024).

Penghargaan tersebut diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tojo Una-Una, Nawatsara Panyili, S.E., M.Si., yang mewakili pemerintah kabupaten atas prestasi di dua kategori utama.

Dalam kategori pertama, Transformasi Pengelolaan Pendidikan untuk Kelompok Inspiratif Daerah Tertinggal, Kabupaten Tojo Una-Una meraih penghargaan bersama dengan Kabupaten Donggala, Kabupaten Lembata, Kabupaten Manggarai Timur, dan Kabupaten Rote Ndao.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen Kabupaten Tojo Una-Una dalam membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di satuan pendidikan serta menyediakan regulasi yang mendukung pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan pendidikan.

Selain itu, pemerintah kabupaten juga diakui atas transparansi, objektivitas, dan akuntabilitas dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), serta peningkatan Angka Partisipasi Sekolah (APS) yang mendorong peningkatan indeks literasi, dan perbaikan iklim keamanan, kebinekaan, serta inklusifitas di sekolah selama dua tahun terakhir.

Dalam kategori kedua, Transformasi Pembelajaran Kelompok Pemerintah Daerah Inspiratif Daerah Tertinggal, Kabupaten Tojo Una-Una dianugerahi penghargaan bersama dengan Kabupaten Donggala, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Musi Rawas Utara, dan Kabupaten Rote Ndao.

Penghargaan ini diberikan atas upaya Kabupaten Tojo Una-Una dalam mengoptimalkan sumber daya digital di sekolah dan mendorong aktivitas komunitas belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Platform Merdeka Belajar (PNM) serta implementasi kurikulum merdeka.

Upaya ini telah memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai Standar Pendidikan Minimal (SPM) yang mutlak dalam dua tahun terakhir.

Prestasi ini menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat pendidikan di daerah tersebut.

(Jefry Dako)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *