Diskominfo-BPS Buol Sinergi Kuat Wujudkan Statistik Akurat

TNews,BUOL– Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Buol menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memperkuat penyelenggaraan statistik sektoral di daerah.

Upaya ini dilakukan melalui Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang digelar dalam rapat penilaian mandiri di ruang podcast Diskominfo, Rabu (15/5).

Bacaan Lainnya

Dipimpin Sekretaris Diskominfo Abdullah AS. Mangge, S.Ag., M.Si., rapat ini mengkaji dan mengevaluasi berbagai aspek terkait statistik sektoral di Buol.

Siti Setianingsih dari BPS Buol memaparkan pentingnya sinergitas antar lembaga dalam penyelenggaraan statistik yang akurat dan kredibel.

“Diskominfo berperan sebagai wali data, sementara BPS menjadi pembina data statistik. Kolaborasi ini sangat penting untuk menyajikan data berkualitas bagi perencanaan pembangunan daerah,” tegas Siti.

EPSS sendiri bertujuan mengukur capaian kinerja penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan Data Statistik Sektoral di instansi pusat maupun pemerintah daerah. Salah satu proses dalam EPSS adalah penjaminan kualitas, di mana hasil penilaian intern akan diperiksa silang oleh tim penilai dari kabupaten lain.

Rapat turut menghadirkan peserta dari BPS, Diskominfo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pertanian, serta Bappeda. Mereka aktif memberikan masukan untuk perbaikan penyelenggaraan statistik sektoral di Buol ke depannya.

“Dengan EPSS ini, kami berharap statistik sektoral di Buol semakin baik dan mampu mendukung perencanaan pembangunan yang akurat dan tepat sasaran,” pungkas Abdullah.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *