Bupati Ajak Satlinmas Buol Jaga Kerukunan di Pesta Demokrasi

Pj Bupati Buol Drs. Muchlis saat pimpin apel akbar Satlinmas Kesiapsiagaan Pemilu tahun 2024, Selasa (30/01/2024). ( Foto : Ludin/TNews)

TNews,BUOL – Penjabat (Pj) Kabupaten Buol Drs. Muchlis, MM Pimpin Apel Akbar Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) Kesiapsiagaan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024, di halaman kantor Bupati, Selasa (30/01/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Muchlis mengatakan tahun ini tepatnya di bulan Februari 2024, bangsa Indonesia termasuk masyarakat Kabupaten Buol akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota secara serentak. Kemudian di bulan November dilanjutkan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Sehubungan dengan itu, peran aktif Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Satuan Tugas Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Satgaslinmas) sangat dibutuhkan untuk membantu pengamanan Pemilu, baik pengamanan langsung maupun tidak langsung di TPS di wilayah Kabupaten Buol. Hal ini penting guna terciptanya keamanan dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat baik sebelum, selama, dan setelah pesta demokrasi,”ujar Bupati.

Menurut Bupati, Dalam pelaksanaan pesta demokrasi mendatang, Satgaslinmas dan Satlinmas diharapkan mampu bekerja profesional serta menjaga netralitas dan kode etik satuan.

“Mereka juga harus menjunjung tinggi sumpah janji sebagai anggota satuan, menjaga kepentingan umum dan tidak menjadi alat kekuasaan semata untuk kepentingan pribadi dan golongan,”jelasnya.

Tak hanya itu, Kata Bupati, Satuan tugas juga harus memiliki kepekaan, tanggap, dan inisiatif serta berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tugas.

“Mereka tidak boleh mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan Indonesia, karena meraka merupakan perpanjangan tangan pemerintah, oleh karena Satgaslinmas dan Satlinmas harus mampu mengaplikasikan tugas dan fungsinya di lapangan secara tegas, santun, berwibawa, komunikatif, dan humanis. Namun tetap menjaga jiwa kesatria dalam bertugas,”tegasnya.

Bupati Muchlis berharap kegiatan ini bukan hanya bersifat seremonial, melainkan momentum untuk mengemban tanggung jawab strategis menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama di lokasi pemungutan suara.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota Satgaslinmas dan Satlinmas atas kontribusi mereka selama ini dalam menjaga keamanan dan melaksanakan kegiatan sosial di Kabupaten Buol, Dengan semangat kerja keras dari semua pihak, diharapkan pesta demokrasi mendatang dapat berjalan tertib, kondusif, dan aman,”pungkasnya.

(Ludin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *