Pengadaan Bibit Sawit dan Perbaikan Jalan Jadi Prioritas di Musrenbang Bukal

Camat Bukal Hasnawi Kamaruddin

TNews,BUOL-Pengadaan bibit kelapa sawit dan perbaikan infrastruktur jalan menjadi skala prioritas usulan pembangunan di Kecamatan Bukal pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, Rabu (6/3/2024).

Camat Bukal Hasnawi Kamaruddin menyampaikan bahwa para Kepala Desa lebih mengutamakan pengadaan bibit kelapa sawit sebagai prioritas utama. Hal ini sejalan dengan kenaikan harga jual tandan buah segar (TBS) yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dengan naiknya harga jual TBS, para Kepala Desa lebih memacu ke pendapatan masyarakat melalui pengadaan bibit kelapa sawit,” ungkap Hasnawi saat di wawancarai Tatotabuan. news usai pembukaan Musrenbang.

Selain itu, perbaikan infrastruktur jalan juga menjadi usulan penting. Hasnawi mengungkapkan beberapa jalan strategis di Kecamatan Bukal sudah dalam kondisi kurang baik dan tidak bisa dilalui dengan optimal.

“Ada beberapa jalan strategis yang sudah tidak bisa dilalui dalam kondisi kurang baik,” lanjutnya.

Pada Musrenbang, usulan Kepala Desa melalui Sistem Informasi Desa (SIPD) Republik Indonesia lebih menitikberatkan pada pembangunan jalan usaha tani atau jalan menuju kantong produksi.

Hasnawi menjelaskan bahwa pengadaan bibit kelapa sawit menjadi prioritas karena menjadi salah satu penunjang perekonomian masyarakat di Kecamatan Bukal. Dengan lahan yang masih luas, rata-rata Kepala Desa mengusulkan pengadaan bibit tersebut.

“Harapan kami dengan usulan-usulan tersebut, semoga terakomodir keseluruhan,” pinta Hasnawi.

Musrenbang tingkat Kecamatan Bukal mengangkat tema “Sinkronisasi pembangunan pusat dan daerah dalam menjaga dinamika pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan tujuan melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan skala prioritas Desa dalam wilayah Kecamatan Bukal.”

(Ludin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *