Pj Bupati Buol Dengarkan Paparan Mendagri soal Pilkada dan Inflasi di Sulteng

Pj Bupati Buol Drs. Moh. Muchlis hadiri rapat Koordinasi Kepala Daerah yang di gelar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Sulawesi Tengah pada Senin (5/3). ( Foto : Humas Kominfo Buol)

TNews,BUOL– Penjabat (Pj) Bupati Buol Drs. Moh. Muchlis hadiri rapat Koordinasi Kepala Daerah yang di gelar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Sulawesi Tengah pada Senin (5/3).

Agenda penting ini dihadiri oleh Bupati, Walikota, Kepala Bappeda, BPKAD, dan Kaban Kesbangpol se-Provinsi Sulawesi Tengah di Ruang Polibu Lantai III Kantor Gubernur Sulteng.

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya, Mendagri Tito menyoroti beberapa isu strategis yang perlu dibahas bersama. Salah satunya adalah perkembangan inflasi dan harga bahan pangan sebagai perhatian utama dalam pembangunan ekonomi daerah.

“Stabilitas harga pangan menjadi kunci dalam menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” tegas Mendagri.

Selain itu, Tito juga memaparkan tentang penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024 yang menjadi momen bersejarah bagi Indonesia. Ini merupakan kali pertama kedua agenda penting tersebut digelar secara bersamaan.

Terkait pendanaan Pilkada, Mendagri merujuk pada Surat Edaran Nomor 900.1.9.1/435/SJ tanggal 24 Januari 2023. Dalam surat edaran tersebut, alokasi anggaran kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota akan dibebankan pada APBD TA 2023 dan 2024 dalam bentuk belanja hibah pada SKPD Badan Kesbangpol Provinsi/Kabupaten/Kota.

“Pemerintah Daerah harus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu setempat untuk mengajukan usulan kebutuhan anggaran Pilkada,” imbuh Tito.

Penyediaan dana hibah kegiatan Pilkada wajib dianggarkan pada TA 2023 sebesar 40% dan TA 2024 sebesar 60% dari total dana yang disepakati bersama.

Rapat koordinasi ini menjadi langkah penting untuk mempersiapkan dan mengkoordinasikan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 di tingkat daerah.**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *