Tuntutan FPJ Soal Perguruan Tinggi, Begini Tanggapan Ahmad Koloi

Tuntutan FPJ Soal Perguruan Tinggi, Begini Tanggapan Ahmad Koloi

TNews,BUOL– Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Aliansi Front Parlemen Jalanan (FPJ) di Gedung DPRD Buol pada Kamis (2/5) terkait adanya perguruan tinggi di Buol mendapat respons positif dari Anggota Dewan Komisi I Hukum dan Pemerintah Ahmad Koloi.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pemerhati pendidikan, khususnya para mahasiswa yang luar biasa. Ini cita-cita yang sudah berlangsung lama, yaitu bagaimana adanya perguruan tinggi di Buol,” ungkap Ahmad saat di wawancarai media ini.

Menurutnya, keberadaan perguruan tinggi di Buol akan memberikan banyak manfaat, seperti biaya kuliah yang lebih murah, serta kemudahan bagi orang tua untuk mengawasi anak-anaknya yang menempuh pendidikan.

“Benar kata para adik-adik mahasiswa tadi, jika setiap mahasiswa Buol harus mengeluarkan biaya Rp1 juta per bulan untuk kuliah di luar daerah, maka secara akumulatif hal itu bisa mencapai Rp3 miliar dalam satu bulan,  uang sebesar itu harus dicari di Buol, tetapi mereka harus keluar dari Buol. Namun, jika ada universitas di sini, minimal angka itu dapat berkurang 5-10 persen,” jelasnya.

Ahmad meyakini bahwa Buol memiliki potensi sumber daya manusia yang memadai untuk mengelola perguruan tinggi, seperti keberadaan doktor-doktor, ahli hukum, dan pertanian.

Ia juga yakin para putra-putri Buol yang saat ini mengabdi di luar daerah akan kembali untuk memberikan sumbangsih jika perguruan tinggi di Buol terwujud.

“Saya yakin, jika ada universitas di Buol, sumber daya manusia akan meningkat. Insya Allah dengan harapan itu, semua sumber alam di Buol ini dikelola oleh para putra-putri kita,” harapnya.

“Jika perguruan tinggi di Buol terealisasi, diharapkan dapat membuka jurusan-jurusan yang sesuai dengan kondisi wilayah setempat, seperti pertambangan dan ekonomi. Dengan demikian, lulusan nantinya dapat berkontribusi secara maksimal dalam mengelola sumber daya alam di Buol,”pungkasnya

Terpisah, menurut Arman, selaku Koordinator Lapangan (Korlap), bahwa aksi ini merupakan respon terkait janji dengan adanya perguruan tinggi kabupaten Buol.

“Pada momentum Hardiknas ini, kami Aliansi FPJ melakukan aksi di depan Gedung DPRD Buol untuk meminta tanggapan terkait janji perguruan tinggi yang sebelumnya telah dijanjikan dan ini sudah merupakan hari aksi ke-3 dengan tuntutan yang sama,” jelasnya kepada media.

Arman berharap aksi hari dapat membuahkan hasil. “Selama 3 tahun berturut aksi yang sama kita lakukan, sampai saat ini belum ada hasil. Untuk itu, pada aksi hari ini, kami berharap gerakan kali ini dapat membuahkan hasil,” ungkapnya

Penulis : Ludin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *