Irup HUT ke-60 Sulteng, Pj Sekda Buol Bacakan Sambutan Gubernur

Upacara HUT ke-60 Provinsi Sulteng, di lapangan Kantor Bupati, Rabu (17/04/2024). (Foto : Diskominfo Buol)

TNews,BUOL– Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buol, Pj Sekretaris Daerah (Sekda)  Ir. H. Usman Hasan M.Si jadi Inspektur upacara (Irup) dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), di lapangan Kantor Bupati, Rabu (17/04/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Sekda Buol membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura yang mengapresiasi pencapaian positif provinsi selama tiga tahun terakhir.

Bacaan Lainnya

“Pertumbuhan ekonomi kita tertinggi kedua di Indonesia, dengan angka 11,70% (2021), 15,17% (2022), dan 11,91% (2023),” ungkapnya.

Gubernur menyoroti penurunan angka kemiskinan ekstrem dari 3,02% (2022) menjadi 1,44% (2023). Indikator lain seperti pengangguran terbuka, indeks gini, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga membaik. Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulteng menanjak hingga Rp2,059 triliun pada 2023.

“Kita harus mengoptimalkan posisi strategis dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Sulawesi Tengah berperan sebagai penunjang dengan sejumlah proyek infrastruktur prioritas,” terangnya

Salah satu proyek yang disebut adalah rekonstruksi jalan ruas Air Terang-Momunu di Kabupaten Buol. Gubernur juga menekankan gagasan Pembangunan Sulteng Incorporated untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sinergi birokrasi dan korporasi.

Bertemakan “Kuat dan Tangguh, untuk Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”, peringatan HUT ke-60 ini menjadi momentum penting bagi seluruh kabupaten/kota di provinsi untuk bersama-sama mewujudkan visi kemajuan.

“Saya bertekad untuk terus membawa Sulawesi Tengah meraih masa depan gemilang. Semarak perayaan ini menunjukkan semangat pembangunan yang membara di bumi Batara Guru,”tutupnya***

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *