Asisten II Touna : Sinergi Pemda dan BPJS Harus Dilakukan di Berbagai Lini

Gambar : Asisten dua ketika membuka kegiatan sosialisasi Jamsostek oleh BPJs, Touna (22/2/2024).

TNews, TOUNA – BP Jamsostek cabang Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menggelar sosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat desa dan pekerja rentan desa, bertempat di Auditorium Kantor Bupati, belum lama ini.

Asisten II Nawatsara Panjili mengatakan bahwa sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial dan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) PT. Jamsostek ditunjuk sebagai penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan yang menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jamil kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun terhitung sejak tanggal 1 Juli 2015.

Menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang, BPJS ketenagakerjaan sebagai penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan diberikan amanah untuk memberikan sosialisasi sekaligus mengajak seluruh pekerja di seluruh Indonesia untuk menjadi peserta jaminan sosial.

Salah satu upaya dalam perlindungan tenaga kerja adalah dengan penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan di samping bertujuan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan kerja, juga untuk meningkatkan kesejahteraan bagi pekerja agar hidup secara layak.

“Dalam hal pelaksanaannya BPJS ketenagakerjaan akan sulit menjalankan amanah ini jika tidak ada dukungan dari berbagai pihak, untuk itulah pemerintah daerah perlu bersinergi agar program ini berjalan dengan baik,” tegasnya.

Nawat katakan, dalam hal sinergi antara pemerintah daerah dan BPJS ketenagakerjaan perlu dilaksanakan dari berbagai lini, Pemerintahan Kabupaten harus ikut ambil adil dalam menyukseskan program pemerintah ini.

Perlu diingat bahwa BPJS ketenagakerjaan merupakan lembaga perpanjangan tangan dari pemerintah untuk memberikan perlindungan jaminan sosial kepada pelaku usaha dan badan usaha.

“Untuk itu setiap warga negara berlaku usaha wajib dan berhak untuk mengikuti program perlindungan atas risiko sosial melalui BPJS ketenagakerjaan,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, kata Nawat, Saya tidak bosan-bosan selalu mengimbau kepada kita semua dan seluruh peserta yang hadir untuk segera mendaftarkan dirinya pegawai atau karyawannya ke BPJS ketenagakerjaan. Hari ini akan memberikan rasa aman dalam melalui melakukan risiko kecelakaan kerja risiko kematian kepada BPJS ketenagakerjaan.

“Olehnya pada kesempatan, ini Saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Touna yang telah berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada kita semua,” tandasnya.*

Reporter : Dales

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *