Kadis Kominfo Rapat Bersama Media Terkait Evaluasi Kerjasama Media dengan Pemda Touna

Gambar : Kadis Kominfo ajak media kerjasama untuk evaluasi kinerja ,foto kadis bersama media kerjasama Pemda Touna, (7/5/2024).

TNews, TOUNA – Sejumlah media yang bekerja sama dengan pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una, pada Selasa 7 Mei 2024, menghadiri undangan Pemerintah Daerah melalui dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Tojo Una-una. Kegiatan tersebut rapat bersama kepala dinas Kominfo, bertujuan untuk melakukan evaluasi kerja sama sama tahun 2024.

Rapat yang dipimpin langsung kepala dinas Kominfo Touna, Muh Afandi, SH. berlangsung baik dan penuh keakraban. Dimana pada kesempatan itu kepala dinas langsung membuka rapat dengan agenda evaluasi kinerja media yang bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Kadis Kominfo, mengatakan bahwa pentingnya produk jurnalis yang dilatari kemampuan awak media dalam penyebaran informasi kepada publik maupun kepada pimpinan.

“Saya menilai bahwa jalinan kerja sama cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi, terutama penyebarluasan informasi kinerja OPD. Hal itu menjadi kebutuhan pimpinan, mengingat luas daerah dan banyak OPD, tidak semua kegiatannya terjangkau, meskipun kami di Kominfo memiliki tim peliputan,” ujar kadis di hadapan media kerja sama.

Dalam rapat, kepala dinas juga memberikan kesempatan kepada media untuk memberikan saran dan pendapat serta usulan media, kadis menangapi serius, diantaranya mendorong kuat peran aktif OPD mengekspos program kegiatan, untuk dipublikasikan media secara masif kepada publik.

Menanggapi keluhan wartawan, kadang sulitnya mendapat materi pemberitaan kegiatan terkait Moh. Afandi menaggapi serius dan akan berkoordinasi dengan pejabat struktur yang terkait kehumasan di tiap OPD.

Pertemuan itu menginspirasi pentingnya Media Centre Diskominfo untuk mengcover rilis kegiatan OPD disertai foto pendukung kegiatan, sehingga muda diakses wartawan dan cepat tersampaikan kepada masyarakat luas.

Mendapatkan keluhan media kerja sama Pemda, pada kesempatan itu kadis Kominfo mengingatkan kembali, pada tahun politik wartawan dituntut independen, tidak memihak dan menyampaikan informasi yang objektif dan berimbang.

Di akhir pertemuan kepala dinas, Moh. Afandi menyatakan terima kasihnya atas upaya wartawan melaksanakan kewajibannya, mempublikasikan kegiatan Pemda.

Pada kesempatan itu, kadis menandaskan pemda tidak elergi terhadap wartawan atau produk pemberitaan, namun eloknya ada konfirmasi dan menggunakan narasi yang santun. “Pimpinan tidak elergi dengan kritikan, namun kritikan yang konstruktif justru dibutuhkan untuk perbaikan kedepan,” tegas Moh. Afandi

Ia meyakinkan, semua pemberitaan media, dirilis ke grup pimpinan sebagai bahan laporan dan evaluasi. Dan pimpinan merasa terbantu untuk mengetahui sejauh mana OPD melaksanakan program, dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan daerah,” jelas Moh. Afandi.

Bahkan kadis menyarankan pada wartawan, dapat memanfaatkan media sosial untuk sarana penyebaran berita kinerja pemda melalui link FB atau IG dan sarana lain.

Kepala dinas Kominfo juga, sangat menghargai peran pers yang merupakan wahana yang memberi kebebasan bagi wartawan untuk mendapatkan suatu informasi, namun terkonfirmasi sebelum menjadi konsumsi publik.

Apalagi menyambut tahun politik, berpotensi terjadinya berita hoaks, saling menjatuhkan yang perlu diwaspadai. ”Saya harap rekan-rekan wartawan tetap mempertahankan netralitasnya, dan selalu menguji kebenaran sumber berita,” imbau Kadis Kominfo.

Bermedsos kata kadis Kominfo sangat baik, karena menyajikan berbagai hal, namun perlu disaring untuk mendapatkan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kadis Kominfo Tojo Una-Una yakin pada wartawan mitra pemda, mengedepankan independensi dan netral serta memahami etika dalam melaksanakan tugas kewartawanannya.

Di akhir pertemuan, kadis Kominfo tetap mengingatkan dalam menyampaikan informasi perlu dibarengi narasi yang objektif, mudah dipahami serta berpegang pada kode etik, dalam menyampaikan publikasi ke masyarakat.*

Peliput : Dales

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *