Meriahkan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII, Pj Bupati Buol Hadiri Upacara di Surabaya

Pj Bupati Buol Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke- XXVIII di Surabaya, Kamis (25/04/2024).(Foto : Istimewa)

TNews,BUOL-Menjadi bagian dari peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII Tahun 2024, Penjabat (Pj) Bupati Buol Moh. Muchlis menghadiri upacara yang dipusatkan di Halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024). Upacara tersebut dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Dalam sambutan yang disampaikan, Mendagri menyerukan semangat otonomi daerah yang berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan sehat, sesuai tema peringatan tahun ini. “Selamat memperingati Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII dengan tema ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat’,” ucapnya.

Mengacu pada UU Nomor 23 Tahun 2014, Tito menegaskan bahwa otonomi daerah merupakan landasan bagi daerah mengatur urusan pemerintahan sesuai kepentingan masyarakat. “Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengurus pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam NKRI berdasarkan UU tersebut yang berlandaskan prinsip Pasal 18 UUD 1945,” jelasnya.

Lebih lanjut, kebijakan desentralisasi membuka ruang Pemda mengelola sumber daya alam lebih efisien dan berkelanjutan, melalui transformasi produk unggulan ke produk/jasa terbarukan dengan memperhatikan potensi daerah seperti pertanian, kelautan, dan pariwisata. “Ini selaras dengan strategi transformasi ekonomi Indonesia menuju Visi 2045,” imbuhnya.

Tito berharap para pemangku kepentingan pusat dan daerah bersinergi menggali solusi dan inovasi untuk pemerintahan yang lebih efektif dan responsif memenuhi kebutuhan masyarakat. Upacara yang dihadiri seluruh kepala daerah se-Indonesia itu merefleksikan semangat kebhinnekaan dalam konteks otonomi daerah.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *